Apakah Anda Tau? Seberapa Luas Alam Semesta Ini.!

Kita mungkin pernah berfikir tentang seberapa luas alam semesta ini? kita juga menyaksikan sebagian kecil alam semesta ini, pada langit malam yg cerah tapi, apakah kita tau ?, tentang
betapa besar alam semesta ini, mari kita menjelajah lebih jauh untuk mengetahuinya.

Apa yang bisa kita pelajari sampai hari ini? hanyalah bagian kecil dari alam semesta, seperti pada sistem tata surya kita saat ini. sistem tata surya kita saat ini terdiri, 8 planet, dan 1 bintang matahari dan matahari adalah inti dari - sistem tata surya kita. 

Dari sistem tata surya kita saat ini saja manusia masih membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa menjelajahi semuanya, sebagai contoh; jarak bumi dan bulan mungkin kelihatannya begitu dekat namun jika kita pergi kesana perlu beberapa hari seperti yang dilakukan pada - misi Apollo 11 yang membutuhkan waktu 3 hari 3 jam 49 menit. 

Itu tadi adalah sedikit menggambarkan jarak bumi ke bulan setiap malam, kita bisa memandangi bulan yang terlihat sangat dekat dengan kita namun pastinya pandangan kita tak lepas dari gemerlap cahaya kecil yang turut menghiasi langit malam, apakah itu ? itu adalah bintang dan planet dikelompok galaxy bimasakti, bintang tersebut adalah sama seperti matahari kita namun karena jarak yang saling berjauhan kita hanya bisa melihatnya sebagai bintik - bintik cahaya saja. Tapi apakah kita tahu kalau matahari kita ini hanyalah satu dari ratusan milyar bintang yang tersebar dan planet bumi. 

Kita ini hanyalah satu dari triliyunan planet yang ada di sistem galaxy bimasakti, Sebelum kita terlalu jauh pergi menjelajahi alam semesta ini, mari kita jelajahi dulu sistem tata surya kita saat ini, tata surya kita ini juga bisa dibilang sangat luas sekali, mungkin yang kita tahu hanya 8 planet dan 1 bintang saja padahal masih banyak objek lain yaitu beberapa planet kerdil, satelit alami atau yang biasa disebut bulan dan juga jutaan benda langit seperti meteor, asteroid dan komet.

Objek apapun yang terikat oleh gravitasi dari matahari adalah; termasuk anggota tata surya kita ini. Sekarang berapa luasnya tata surya kita ini luas tata surya ini didefinisikan oleh jangkauan gravitasi matahari, seberapa jauh objek luar angkasa yang masih terikat oleh gravitasi matahari, wilayah terjauh tata surya saat ini adalah Awan OORT yang berjarak 1,87 tahun cahaya.

Jadi bisa dibilang objek apapun yang melewati batas Awan OORT adalah; objek yang meninggalkan tata surya atau bukan termasuk anggota tata surya kita saat ini  lagi ada sebuah objek wahana antariksa dari bumi yang sedang berjalan menyusuri tata surya sejak tahun 1977 dia adalah Voyager wahana antariksa Voyager sampai sekarang terus berjalan menjauh untuk meninggalkan tata surya kita ini Voyage berjalan menelusuri tata surya dengan kecepatan hingga 62.000 km/jam terhitung 42 tahun sejak diluncurkannya  sampai sekarang.

Voyager masih diperkirakan akan sampai di Awan OORT pada 300 tahun mendatang dan itu hanya sebatas sampai belum lagi ketika voyager harus berjalan lagi melintasi  Awan OORT 30.000 tahun.

Dari sini sudah bisa kalian bayangkan betapa besarnya tata surya kita ini tapi Awan OORT yang luas tadi hanyalah satu dari bagian wilayah yang bernama Local Interstellar Cloud atau kalian bisa sebut Awan Antar Bintang Lokal disini secara sederhananya seluruh bintang dan planet  yang mengorbitnya berkumpul sama seperti tata surya kita ini di sistem bintang lain itu mungkin juga terdapat planet - planet lain seperti bumi kita ini atau bisa kalian sebut exoplanet
bintang terdekat dengan matahari adalah Alpha Centauri yang berjarak 4 tahun cahaya.

Walaupun dikatagorikan dekat, ingat! pengukuran jarak matahari Alpha Centauri adalah menggunakan jarak tahun cahaya 1 tahun cahaya saja sama dengan 9,4 triliyun kilometer artinya jika diukur menggunakan satuan kilometer maka jarak matahari ke Alpha Centauri adalah sekitar 37 triliyun kilometer luas dari local interstellar cloud sendiri adalah 30 tahun cahaya dari ujung ke ujung sampai disini alam semesta ini sudah terlihat begitu luasnya kan?.

Namun itu tadi hanyalah sebagian kecil karena hanya termasuk group awan antar bintang lokal saja kita akan pergi lebih jauh lagi dan melihat seluruh sistem galaxy bimasakti diseluruh sistem galaxy bimasakti terdapat milyaran bintang seperti matahari dan juga triliyunan planet yang menghiasi penjuru galaxy bimasakti.

Seluruh galaxy bimasakti nampak bercahaya, karena dipenuhi oleh cahaya milyaran bintang, disana tapi ada juga milyaran planet yang hidup dalam kegelapan tanpa cahaya matahari sendiri, mengambang di luar angkasa galaxy bimasakti diperkirakan memiliki luar sekitar 100.000 tahun cahaya. lalu dimanakah posisi bumi kita ?

Posisi bumi beserta sistem tata surya adalah dibagian Local Arm Galaksi Bimasakti disitu juga tempat dari group awan antar bintang lokal tadi kita hanyalah bagian kecil dari galaksi bimasakti masih banyak milyaran bintang dan triliyunan planet di galaksi ini yang belum sepenuhnya diketahui melihat galaksi kita yang luas ini ternyata, hanyalah 1 dari 54 lain yang tergabung di lokal group galaksi local, Group galaksi terdiri dari 54 galaksi yang paling dekat dari galaksi bimasakti.

Bimasakti dan galaksi andromeda ada disisi bawah kanan sisanya seperti galaksi kecil yang ada di group lokal ini bila lebih mundur lagi melihat posisi galaksi kita, kita akan berada di kumpulan galaksi supercluster virgo.

Kumpulan kelompok galaksi lokal dan disatukan dalam satu supercluster yang disebut juga lokasi rasi bintang, setiap titik dalam kelompok itu mewakili kumpulan beberapa galaksi, seperti galaksi kita andromeda dan galaksi lainnya dalam satu group yang semuanya dikelompokkan menjadi Rasi Virgo Supercluster. 

Sudah berupa sebuah titik putih diperkirakan ada 2000 galaksi yang ada disitu, dan memiliki luas 110 juta tahun cahaya bila lebih jauh lagi melihatnya kita hanyalah bagian sangat kecil dari laniakea supercluster seluruh group galaksi lokal dikelompokkan kembali menjadi dalam satu group lokal supercluster raksasa.

Jangan tanya bumi dan matahari termasuk keberadaan galaksi kita karena tidak terlihat dan diwakili menjadi satu titik kecil dari kelompok galaksi diperkirakan ada 100.000 group lokal galaksi dan memiliki luas 520 juta tahun cahaya. Jadi yang kalian lihat titik-titik itu adalah kelompok yang berisikan banyak group lokal galaksi dan tahap akhir dari pada perjalanan hari ini, kita akan kembali menjadi bagian kecil dan  dikelompokkan kembali dalam sebuah peta alam semesta atau batas alam semesta yang bisa diketahui untuk saat ini.

sejauh ini kita berada ditengah alam semesta karena manusia baru bisa mengamati dan menggambarkan dari sisi titk tengah dan diperkitakan menjadi wadah sekitar  2 triliyun galaksi didalamnya, diluar itu belum bisa dijawab?, karena tidak bisa dilihat terlalu jauh dan gelap, jadi yang kalian lihat inilah bentuk alam semesta yang bisa digambarkan oleh para peneliti, ingat! Semua penjelasan dari awal hingga akhir tadi hanyalah batasan yang bisa diteliti saat ini, karena sebenarnya masih sangat luas alam semesta ini yang kami maksud batas adalah batas pengetahuan manusia mengenai alam semesta ini semua diluar itu masih menjadi misteri hingga satu saat nanti akan ada dari generasi kita yang mengungkapkannya.

Kita sekarang hanya bisa mengamati dan mempelajari tentunya dengan dibarengi fikiran yang positif alam semesta diperkirakan akan berkembang bahkan lebih cepat dari kecepatan cahaya alam semesta. Tapi kita manusia akan tetap menjadi seperti sekarang perkembangan alam semesta pastinya juga dibarengi dengan perkembangan akal dan fikiran manusia.

Mengenai besarnya alam semesta ini namun sayangnya masih banyak orang yang justru menentang ilmu pengetahuan mengenai alam semesta ini dengan berusaha menyebarkan informasi salah dan terus membuat masalah dengan teori-teori baru yang mereka ciptakan.

Mirisnya teori tanpa research tersebut berhasil mempengaruhi banyak orang sehingga berbelok untuk menolak ilmu tentang alam semesta yang luas ini terimakasih! Semoga manfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel