9 Manfaat Pare Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Pare seringkali menjadi makanan yang dihindari oleh banyak orang rasanya yang pahit meski sudah diolah pun membuatnya jauh dari kata populer sebagai makanan enak. Meskipun begitu pare yang memiliki banyak sekali manfaat pare mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik untuk tubuh. Mineral lain juga terkandung dalam Pare seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor dan zat besi, juga merupakan sumber serat terbaik. Berikut kunci sehat telah merangkum Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi Pare.

1. Mengatasi Diabetes 
Mengkonsumsi Pare ternyata membantu Anda mengatasi diabetes Type 2 diabetes tipe 2 sebagian besar disebabkan karena ketidak mampuan sel menyerap gula dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena sel-sel dalam tubuh tidak peka terhadap insulin atau resistensi terhadap insulin, penyerapan gula terjadi karena adanya AMP rasa pahit pada pare mampu mengaktifkan enzim kinase sehingga dapat meningkatkan penyerapan gula hal ini kemudian dapat mempengaruhi kadar gula dalam tubuh.

2. Melawan Kanker
Manfaat pare lainnya terkait dengan kemampuannya dalam melawan sel-sel kanker penelitian mengungkapkan bahwa para yang memiliki sifat antikanker dan berpotensi digunakan sebagai agen pembasmi berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, usus besar, prostat ,hati dan kanker darah. 

3. Mengendalikan Gula Darah
Pare memiliki sifat yang berfungsi sebagai insulin dapat membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energy, karena sifat ini bisa membantu menurunkan gula darah. Pare membantu sel dalam tubuh untuk mendapatkan glukosa sebagai makanan, Selain itu Pare juga mampu mencegah penumpukan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati otot dan jaringan lemak.


4. Menyehatkan Pencernaan 
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa pare adalah sebagai salah satu makanan yang bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan pencernaan kita. Bukan hanya meningkatkan fungsinya saja tetapi pare juga efektif mencegah datangnya masalah kenaikan asam lambung. Pahitnya pare ini juga mampu menstimulasi sekresi lendir yang akhirnya bisa membuat keseimbangan asam didalam tubuh menjadi lebih baik, sehingga mencegah datangnya tukak lambung. Selain itu para juga bermanfaat dalam membantu buang air besar atau bab dengan mudah karena Pare mengandung sifat serat.

5. Menyehatkan Mata
Pare mengandung betakaroten dan vitamin A yang bermanfaat dalam menyehatkan mata yang mengandung flavonoid seperti alpha karoten, beta karotin, Lutein dan zeaxanthin sehingga mampu meningkatkan kesehatan mata. Selain itu manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan penglihatan terutama di malam hari serta memperlambat degenerasi macula.

6. Mengatasi Jerawat
Manfaat pare ternyata dapat membantu menghilangkan jerawat noda dan infeksi kulit jika dikonsumsi secara rutin, pare juga berguna untuk mengobati kelainan darah seperti bisul, kudis, gatal-gatal, kurap dan penyakit jamur lainnya. Kandungan radikal bebas dalam Pare juga bermanfaat untuk anti-penuaan,  jadi konsumsilah jus Pare pahit ini yang dicampur dengan lemon saat perut kosong setiap hari selama 6 bulan atau sampai mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

7. Membantu Mengatasi Asma
Beberapa peneliti menyebutkan bahwa manfaat pare untuk kesehatan dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti asma, bronkitis dan demam atau rhinitis. Pare memiliki sifat anti histamine, anti inflamasi dan antivirus, hal ini membuat pare yang menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernafasan. Untuk mendapatkan manfaatnya konsumsi lapar sebelum tidur agar dapat menenangkan dan membantu anda untuk tidur.


8. Anti Penuaan
Manfaat buah Pare untuk kesehatan kulit adalah mencegah penuaan. Pare mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan kuat yang dapat melawan dan menghilangkan radikal bebas berbahaya serta dapat membantu mencegah keriput dengan memperlambat proses penuaan pada juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Pare mengandung antioksidan yang berlimpah salah satunya vitamin C Membantu pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh dan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.
Nah itu adalah 9 manfaat dari mengkonsumsi pare. Rasanya yang pahit tetapi dapat menyehatkan tubuh kita maka Jangan pernah ragu untuk mengonsumsinya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel