Tidak Sabar Menanti Buah Hati? Berikut Ciri-Ciri Orang Hamil


Sebagian besar wanita yang sudah menikah tentu sangat menanti akan kehadiran buah hati. Tapi banyak dari mereka tidak mengetahui tanda atau gejala kehamilan sehingga seringkali melakukan beberapa kesalahan yang cukup berisiko terhadap masa kehamilan. Bagi Anda yang sangat menantikan kehadiran calon bayi sejak masa awal setelah pernikahan sebaiknya ketahuilah ciri-ciri orang hamil agar bisa melakukan persiapan tepat.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Proses Kehamilan
Semua orang sebenarnya perlu menjaga kesehatan tubuhnya, terutama beberapa golongan tertentu termasuk ibu hamil dan menyusui. Tetapi semua wanita harus menjaga kesehatan selama masa pra kehamilan, kehamilan, hingga melahirkan. Semua wanita tentu akan merasakan gejala sebelum masa kehamilan, nah di masa tersebut persiapan untuk menjaga kondisi tubuh sangatlah penting.

Selama masa pra kehamilan hingga Anda mengalami masa ini sampai melahirkan, kondisi tubuh harus tetap dikontrol karena wanita hami cenderung lebih lemah. Berikan asupan gizi lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa karena Anda tidak hanya menjaga kesehatan tubuh Anda sendiri, melainkan calon bayi di dalam kandungan.

6 Ciri-ciri Orang Hamil di Masa Awal Bulan
Tidak semua calon ibu muda yang mampu menandai gejala awal masa kehamilan yang dialami diri mereka sendiri. Mereka sangat membutuhkan peran dokter untuk memahami suatu gejala yang memang merupakan tanda kehamilan. Namun, ada beberapa gejala secara fisik yang umumnya terjadi pada semua wanita sebelum masa kehamilan.

1. Tubuh Mudah Merasa Kelelahan
Hampir semua wanita yang mengalami gejala masa kehamilan di tahap awal merasa mudah lelah. Mereka akan cenderung memiliki rasa kantuk yang berlebihan, karena hal tersebut berkaitan dengan adanya perubahan tingginya kadar progesterone dan esterogen. Kebanyakan dokter menyarankan agar calon ibu muda untuk tidak beraktivitas berat.

Namun, sebagian wanita yang memiliki kesehatan yang baik serta ketangguhan fisik yang cukup kuat jarang merasa lelah. Mereka akan kuat untuk melakukan berbagai aktivitas fisik, namun, tetap harus dibatasi agar tidak terjadi risiko yang berbahaya. Gejala mudah lelah sangat umum terjadi pada semua wanita yang hamil muda dalam waktu sekitar 1 minggu.

2. Perut Terasa Kram
Selain kelelahan, hampir sama seperti gejala pra menstruasi karena Anda juga akan mengalami rasa kram yang cukup sakit di perut. Rasa ini sangat mengganggu rasa nyaman Anda, bahkan bisa mengganggu berbagai aktivitas yang sederhana sekalipun. Sebenarna rasa kram tersebut bisa Anda atasi dengan beristirahat sambil mengompres perut dengan air hangat.

Baca Juga :

Kemudian konsumsilah berbagai makanan dan minuman yang dapat mengurangi rasa kram perut. Antara lain, buah pear, jambu merah, strawberry, serta perbanyak minum air putting hangat.

3. Perubahan Bentuk Payudara yang Makin Membesar
Semua wanita yang sedang dalam masa pra kehamilan tentu mengalami ciri-ciri fisik satu ini, yakni perubahan pada payudara. Anda akan merasa nyeri dan sedikit ngilu di area dada atau payudara. Biasanya payudara akan mengalami pembesaran volume, serta ditambah dengan tekstur yang lembut ketika dipegang.

Tanda atau ciri-ciri tersebut adalah hal yang sangat umum terjadi dan dialami oleh semua wanita pada umumnya. Mereka mengalami gejala ketika sedang menginjak masa hamil sekitar 1 bulan pertama.

4. Beberapa Bagian Tubuh Lainnya Juga Membesar
Selain payudara, sebenarnya ada beberapa bagian tubuh yang lain juga ikut membengkak. Ini cukup normal dan wajar pada usia kehamilan awal para ibu yang sedang hamil muda, antara lain seperti area bokong yang membesar, kaki, dan lengan. Pembengkakan ini tidak berlangsung lama, hanya beberapa saat di awal masa kehamilan saja.

Namun, salah satu bagian tubuh yang membesar dan terasa sangat gatal yakni di area perut hingga masa kehamilan berjalan dalam waktu normal. Gejala perut membesar akan terasa normal ketika Anda telah mengalami masa hamil 4 bulan dan seterusnya.

5. Mengalami Morning Sickness
Jika Anda belum mengetahui istilah ini, tentu lebih mengenal bahwa gejala ini seringkali ditandai dengan kondisi mual di perut. Selain mual, semua wanita yang sedang hamil muda juga mengalami muntah-muntah, terutama jika memakan berbagai makanan yang kurang cocok di perutnya.

Ada cara terbaik untuk mengatasi kondisi morning sickness ini antara lain dengan meminum beberapa ramuan herbal. Bisa juga dengan air hangat biasa setiap bangun tidur di pagi hari.

6. Mengalami Pendarahan Kecil Atau Flek Darah
Tahukah Anda bahwa gejala kehamilan pertama juga bisa ditandai dengan munculnya bercak darah. Bercak ini seringkali disalahpahami sebagai darah menstruasi namun sebenarnya adalah flek darah. Ciri flek darah memiliki warna yang pucat jika dibandingkan darah menstruasi karena terjadi akibat implantasi embrio pada dinding ovarium.

Bagi calon ibu muda yang telah mengalami beberapa gejala yang jelas seperti yang terjadi di atas, maka itu artinya Anda sedang hamil. Dengan memahami ciri-ciri orang hamil secara detail, Anda pun dapat mencegah adanya berbagai risiko kesehatan yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel