3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop Tanpa Aplikasi


Untuk mengetahui spesifikasi pada komputer atau laptop itu sangat diperlukan ketika kita sedang membeli perangkat tersebut, guna untuk memastikan apakah benar komputer atau laptop tersebut sudah sesuai dengan keinginan kita atau tidak. Dengan demikian maka penjual tidak akan sembrono dalam memberikan spesifikasi komputer tersebut terhadap kita.

Untuk dapat melihat spesifikasi pada komputer itu sebenarnya sangat mudah sekali, dan juga tidak memerlukan aplikasi tambahan. Tapi sayangnya masih banyak pula yang belum tahu akan hal ini. Tidak perlu membuka casing CPU! Karena ini sudah tersedia pada software bawaan windows.

Jika kalian membeli perangkat komputer branded maka sudah jelas bahwa spesifikasi tersebut biasanya terdapat pada brosur yang tertera atau pada stiker yang menempel pada laptop tersebut. Karena kenapa? Komputer branded tidak dirakit oleh manusia melainkan (rakitan pabrik), jadi spesifikasi yang terdapat didalamnya sudah sesuai dengan brosur dan stiker yang ada pada box maupun laptop tersebut.

Tetapi tak heran jika kita sebagai pembeli masih kurang yakin dengan spesifikasi yang tertulis, dan tak urung akhirnya ingin mencoba meyakinkan apakah benar sesuai atau tidak. Apalagi jika proses pembelianya tersebut melalui media online, jadi kita hanya modal yakin dan percaya saja.

Dalam hal ini saya memiliki 3 langkah untuk melihat spesifikasi komputer atau laptop, dengan mudah tanpa tambahan program atau aplikasi lain. Karena pada konsepnya software windows sudah menyediakan fasilitas komplit yang di rancang sebelumnya.

Baca Juga :


Yuk sekarang kalian coba lakukan cara pengecekan secara langsung dengan 3 cara mudah melihat spesifikasi komputer atau laptop tanpa aplikasi, Begini caranya;

1. Windows Pause Break
Trik pertama adalah cara yang paling mudah sekali, jadi kalian hanya menekan tombol pada keyboard yaitu Logo Window +Pause Break tekan secara bersamaan, maka akan muncul jendela baru yang menunjukan spesifikasi computer anda.


2. DirectX Diagnostic Tools
Pada langkah kedua ini juga sudah sangat lazim dugunakan sebagai rekomendasi melihat spesifikasi komputer,  ini terdapat pada system windows dan bukan sebagai aplikasi tambahan. Hanya saja caranya sedikit berbeda dengan cara yang pertama, tetapi untuk melakukan cara dengan DirectX Diagnostic Tools ini juga sangat mudah.

Buka RUN
Untuk membuka jendela RUN kalian bisa menekan tombol Windows+R tekan secara bersamaan
Ketikan dxdiag pada kotak yang tersedia lalu enter.


Maka akan muncul jendela yang menampilkan spesifikasi komputer atau laptop anda. Mudah sekali bukan? Dari kedua langkah ini memiliki tujuan yang sama hanya caranya saja yang membedakan, maka kalian bisa menggunakan dengan cara yang mana saja dan tidak ada perbedaan mengenai hasilnya.

3. Windows Explorer
Dengan Windows Explorer pun anda dapat pula melihat spesifikasi komputer dengan mudah. Silahkan lihat caranya di bawah ini:

Buka Windows Explorer 
Klik Properties 

Atau juga bisa dengan cara yang berbeda, yang melalui jendela Explorer

Buka Windows Explorer 
Klik This PC >> Klik Properties



Maka jika anda lakukan dengan kedua cara ini dari jendela explorer maka akan terlihat spesifikasinya. Mudah sekali bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel