Inilah 5 Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Uang

Berbicara soal teknologi informasi memang tidak ada habisnya, mengingat sekarang ini perkembangannya semakin maju dan canggih. Dengan adanya teknologi sekarang ini tentu akan memberikan dampak atau pengaruh baik positif maupun negatif dalam kehidupan kita sekarang ini. Tidak hanya berdampak dalam aspek sosial, politik pendidikan saja tetapi juga mencangkup aspek ekonomi.


Seperti yang diketahui perkembangan teknologi informasi sekarang ini turut mengubah para perilaku masyarakat khususnya generasi millennial terkait uang. Jika kita lihat saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi transaksi keuangan dengan pengelolaannya yang jauh lebih mudah dan praktis. 

5 Pengaruh Perkembangan Teknologi yang Berdampak Pada Uang


Cash Back Meningkat

Tahukah Anda bahwa salah satu dampak adanya perkembangan teknologi dalam pemakaian uang yaitu cash back semakin meningkat. Seperti yang diketahui, sekarang ini layanan cash back yang bermunculan yaitu Anda akan mendapatkan uang kembali atau cash back setelah melakukan transaksi. 

Tentu saja hal tersebut sangat berbeda dengan penggunaan kupon yang sempat booming sebelumnya. Dalam penggunaan kupon, para pengguna akan mendapatkan manfaat sebelum melakukan transaksi.

Mudah dalam Berinvestasi

Seperti yang diketahui, sekarang ini banyak kalangan khususnya para millennial yang tertarik untuk melakukan investasi. Umumnya investasi yang dilakukan adalah berinvestasi mikro yang membuat mereka hanya perlu menginvestasikan dalam jumlah yang kecil.

Baca Juga : Apa itu Teknologi Digital?

Dengan melakukan investasi mikro ini akan memungkinkan calon investor yang memiliki modal kecil berinvestasi dan mendapatkan manfaat atas investasi yang ia lakukan. Tidak hanya itu, dengan adanya perkembangan teknologi tentu akan semakin mudah karena bantuan aplikasi. Adanya aplikasi tersebut, semua prosedur  investasi bisa dilakukan secara online dimana saja dan kapan saja.

Bank Semakin Jarang Dikunjungi

Pengaruh perkembangan teknologi dalam sistem keuangan selanjutnya yaitu bank akan semakin jarang dikunjungi oleh nasabahnya. Sebagian dari kita khususnya generasi millennial tentu sudah jarang datang ke Bank untuk melakukan transaksi. Kecuali bagi mereka yang memang bertujuan untuk mengambil uang tunai secara langsung dengan menggunakan ATM.

Para millennial sekarang ini lebih banyak menggunakan metode yang berbasis online salah satunya yaitu mobile bangking. Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, mereka sudah bisa mengirim uang, memeriksa saldo dan juga membayar tagihan kapan saja dan dimana saja. 

Transaksi Keuangan Lebih Mudah

Pengaruh teknologi selanjutnya yaitu transaksi keuangan yang dilakukan bisa semakin cepat dan mudah. Bagi para generasi millennial tentu sudah tidak asing dengan yang namanya e-money. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa melakukan transaksi tanpa perlu membawa uang tunai yang tentu sangat menyulitkan.

Transaksi keuangan seperti membayar tol, belanja di minimarket, membayar parkir dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan menggunakan layanan keuangan. Tentu saja adanya layanan tersebut juga pengaruh dari adanya teknologi yang terus mengalami perkembangan.

Semakin Bernilai nya Mata Uang Digital

Di zaman yang serba canggih dan praktis seperti sekarang ini, mata uang digital semakin dikenal oleh banyak masyarakat khususnya para millennial. Namun tahukah Anda, mata uang digital tersebut tidak hanya digunakan sebagai sarana transaksi keuangan saja tetapi juga untuk berinvestasi. Meski demikian masih ada pihak-pihak yang enggan menggunakan fasilitas yang satu ini.

Fasilitas Keuangan yang Semakin Memudahkan Penggunnanya


E-Money

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, e-money merupakan salah satu layanan keuangan yang banyak digunakan untuk bertransaksi. Lalu apa sebenarnya e-money itu? e-Money merupakan sado uang yang disimpan dalam sebuah rekening bersama yang dapat dipakai untuk transaksi pembelian barang atau jasa. 

Baca Juga : Kenali 4 Fitur Terbaru Android Pie yang Tak Banyak Diketahui

Transaksi yang dilakukan dengan e-Money ini bisa secara online maupun offline. Sekarang ini penggunaan e-Money ii tidak hanya populer di Indonesia saja tetapi juga luar negeri. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

Internet Banking

Selanjutnya yaitu fasilitas internet banking yang dapat memungkinkan Anda memindah saldo ke bank lainnya tanpa harus susah-susah pergi ke bank atau ATM. Tidak hanya itu, adanya fasilitas ini Anda juga bisa melakukan beragam transaksi dengan lebih mudah dan cepat. 

Beberapa transaksi yang bisa Anda lakukan dengan layanan ini yaitu cek saldo tabungan, pembayaran rutin, mutasi rekening dan lain sebagainya. Tentu dengan adanya perkembangan teknologi ini akan membuat hidup semakin mudah dan praktis, bukan? Demikian ulasan singkat tentang pengaruh adanya teknologi terhadap sistem keuangan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel