Cara Memasang Push Notification Pada Blogger – kangrudie.com


Dalam dunia internet sudah tidak asing lagi dengan istilah notification, seperti yang sedang trend saat ini adalah Youtube Notification atau Blogger Notification. Apa sich manfaatnya menambahkan tombol Notification bagi Blog? Manfaatnya yaitu ; dimana setiap pengunjung Blog agar dapat selalu menerima informasi tentang postingan yang terbaru dari sebuah Blog tersebut.

Untuk itu, memasang push notification pada Blog itu sangat perlu sekali. Bukan hanya menambah tampilan yang terlihat professional, tetapi dengan berjalannya waktu Blog tersebut akan semakin lebih baik dengan jumlah pengunjung yang banyak.

Apalagi jika anda sudah diterima sebagai publisher iklan google adsense, pastinya anda akan lebih berhati-hati dan benar-benar memikirkan konten artikel yang baik kedepan. Agar supaya umur Blog panjang dan dimanjakan Google.

Hal ini misalnya Blog yang terdapat artikel tentang motifasi dan manfaat penting, bukan tidak mungkin pengunjung menekan tombol Notification yang terdapat pada Blog anda. Dan itu menguntungkan bagi pemilik Blog, dalam arti Blog akan selalu terpantau oleh pengunjung, terkait postingan- postingan terbaru dari Blog tersebut.

Ini yang dimaksud simbiosis mutualisme jadi sama-sama menguntungkan antar satu dan lainnya. Karena apa? Pemilik Blog mendapatkan keuntungan dari Blog karena di kunjungi banyak pengunjung, sedangkan pengunjung menerima banyak informasi penting dan bermanfaat bagi dirinya.

Baca Juga : Cara mengaitkan akun Adsense Youtube dengan Blog

Saya rasa untuk membuat tombol Notification pada Blog, ini bukan kali pertama melainkan mungkin pada Blog saya ini adalah bagian yang sudah kesekian kalinya. Tetapi prinsip saya berbagi itu penting, karena berbagi itu menguntungkan, dalam hal ini adalah bagian dari pengalaman pribadi, sehingga saya buatkan sebuah artikel di Blog saya ini.

Apakah anda memiliki Blog? Jawab Ya/Tidak..!!

Kenapa anda bisa melihat konten seperti ini? Penasaran langkah-langkahnya seperti apa..!!

Biasanya orang yang melihat artikel ini sudah tentu mereka yang memiliki Blog, atau  yang mengelola Blog, yang masih penasaran tentang trik-trik dari pembuatan push notification tersebut.
Pengalaman mengelola sebuah Blog cukup menyenangkan sekali, terlebih bagi yang seneng menulis; pada saat waktu luang terkadang ide-ide beginilah yang timbul.

Maka penulis hanya bisa memberi saran; jika ingin menjadi seorang blogger yang baik, mulai dari sekarang lakukan dengan hal yang baik jangan copi paste, spin text atau dengan cara-cara curang yang lain yang hanya  membuang waktu saja.

Untuk yang sudah tidak sabar menunggu bagaimana langkah-langkah membuat Push Notification tersebut bisa langsung scroll kebawah dan melihat beberapa triknya.

Inilah beberapa langkah tentang pembuatan Push Notification pada Blog

Langkah 1 :
Anda buka alamat Onesignal.com dan jika sudah terbuka maka akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu. Nah jika mendaftar saya rasa prosesnya akan terlalu lama dan banya permintaan yang harus di isi. Maka saya sarankan untuk login saja dengan akun facebook yang sudah anda miliki untuk mempermudah dan lebih cepat. Disarankan Login dengan facebook  saja.

Jika sudah berhasi login maka anda akan mendapati jendela seperti ini; maka klik tombol silang saja biar tidak banyak pertanyaan.


Langkah 2 :

Klik NEW APP/WEBSITE seperti gambar dibawah ini

Isikan nama sesuai dengan yang anda inginkan pada APP NAME, anggap saja diberinama NEW dan klik Create

Selanjutnya anda akan dibawa ke jendela Platform to Configure, tidak usah bingung dan panik, ikuti saja langkah-langkahnya sesuai petunjuk yang saya arahkan.

Langkah 3 :
Klik WebPush dan klik Next untuk dapat mengikuti perintah selanjtnya.


Langkah 4 :
Pada bagian Configure Web Push  anda pilih sesuai gambar saja, dan bisa lihat gambar dibawah ini:



Dalam Wordpress Plugin Website builder ini sebenarnya ada banyak pilihan yang tersedia, tetapi saya menggunakan contoh blogger karena blog yang sayabuat dari Blogger, tersedia juga wordpress, joomla, wix, magento, drupal dll. Tergantung anda membuat Blognya dari mana, anda bisa pilih sesuai dengan Blog anda masing-masing.

Langkah 5 :
Pada bagian Blogger site setup anda lakukan sesuai gambar agar lebih mudah


Dan pada bagian permission prompt setup klik Add A Prompt 



Langkah 6 :
Selanjutnya anda akan menjumpai jendela baru, pada jendela ini anda dapat mengatur ukuran dan tataletak tombol sesuai yang diinginkan. Tidak ada printah mutlak disini. Letak tombol dapat berubah-rubah posisi tergantung pilihan anda.


Jika sudah mengatur setingan, lalu klik Save



Langkah 7 / Terakhir :
Copy kode yang sudah tersedia, dan anda menuju ke Blogger masuk ke Edit HTML dan letakan kode tersebut tepat dibawah </head> lalu klik Save.


Jika sudah anda lalukan sesuai printah-printah diatas, selanjutnya coba lihat Blog anda apakah sudah ada tampilan Push Notificationnya. Jika sudah berati anda berhasil dan jika belum anda coba lagi, kemungkinan ada yang terselip langkah atau salah penempatan kode pada Edit HTML-nya.


Itulah beberapa langkah dalam membuat Push Notification pada Blog, dan jika ada pertanyaan bisa tinggalkan pesan melalui Chat WhatsApp, Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

Penulis kangrudie.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel