Potensi Usaha Jasa Percetakan Wilayah Metro Lampung

Bermula dari seorang teknisi komputer dan sampai pada akhirnya beralih ke Jasa Percetakan, dulu saya pernah bekerja sebagai teknisi komputer pada tahun 2001-2004 di Jl. Katamso Bandar Lampung, dan sekarang membuka Jasa Percetakan di Kota Metro Lampung.

Memiliki usaha kecil-kecilan tetapi sudah lumayan ada pemasukan walau masih sedikit yang penting tetap semangat dan jangan meninggalkan promosi, karena dengan sarana promosi akan sangat menunjang maju mundurnya sebuah usaha. Apalagi jika sobat tahu bahwa di Wilayah Kota Metro Provinsi Lampung sangat ketat sekali pesaingnya, harga sudah semakin menurun tetapi biaya akomodasinya naik.

Coba sobat pikirkan bagai mana cara membagi system keuangannya? Secara garis besar kita bukan untung tetapi rugi pastinya, Itulah yang namanya persaingan. Tidak apa-apa walaupun untung sedikit, asalkan orderannya banyak maka tetap akan memperoleh hasil juga. Pelanggan yang sering kita jumpai adalah pelajar dan mahasiswa, dan kita sebagai pemilik usaha harus bisa memberikan pelayanan yang prima agar mereka tidak lari ke tempat yang lain. Contohnya; seperti yang saya uraikan tadi diatas harga harus sama dengan mereka-mereka rekan pengusaha lain.

Sangat menyenangkan jika usaha kita berjalan lancar dan ramai diserbu oleh pelanggan untung sedikit-sedikit tapi lancar.

Kenapa saya memilih jenis usaha jasa percetakan? Karena saya memiliki keahlian dibidang komputer mengetik dan mendesain, meskipun saya memiliki pengalaman keahlian lebih sebagai tenknisi komputer 17 tahun lalu. Tetapi tidak masalah yang pasti usaha saya ini masih nyambung dengan basic kemapuan saya sebagai BrainWare, Yaitu orang yang mampu mengoprasikan komputer.

Dalam usaha ini saya memiliki banyak peluang kesempatan dalam melayani pelajar dan mahasiswa dengan berbagai macam permintaan, Misalnya; Printing, Jilid Skripsi Hard Cover, Cetak Foto, Burning, Cetak buku tugas kuliah dan lain-lain demi melengkapi kebutuhan mereka sebagai pelajar.
Karena Kota Metro adalah Kota pendidikan, jadi lingkungannya pun hampir rata-rata pelajar dan mahasiswa, dan baru-baru ini semua jenis usaha makin bermunculan seperti ;

  • Usaha Jasa Pengetikan
  • Jas Percetakan dan Foto Copy
  • Kuliner
  • Jasa Pembuatan Skripsi
  • Jasa Naik Pangkat Guru
  • Jasa Titip Barang
  • Jasa Steam Kendaraan
  • Jasa Pangkas Rambut
  • Jual Beli Pakaian Online maupun Ofline

Dan masih banyak lagi peluang usaha yang lain yang masih menanti, dan Alhamdulillah sampai hari ini saya masih semangat menjalankan usaha saya sebagai jasa percetakan. Karena apa? Dalam dunia percetakan tidak akan habis dimakan waktu yang artiny akan hilang seperti usaha sesaat. Seperti contohnya usaha WARTEL di tahun-tahun sebelumnya, kemudian WARNET, nah ini akan hilang dengan sendirinya seiring pekembangan teknologi.

Baca Juga : Usahaku Sekarang

Digenerasi milenial ini 2 jenis usaha ini seakan-akan pudar dengan sendirinya, betapa mudahnya mengakses jaringan internet dengan menggunakan teknologi android saat ini. Saya rasa itu adalah  faktor utama hilangnya usaha tersebut pada saat ini.

Semoga artikel ini bisa membatu meningkatkan semangat etos kerja sobat semua dalam membangun sebuah usaha atau merancang apa usaha yang paling tepat menurut hati nurani sobat. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel