Cara Cepat Membuat Halaman Titik-Titik Daftar ISI dengan Cepat dan Rapi di MS. WORD

Dalam Membuat halaman Titik-titik Daftar Isi di Microsoft Word adalah sebuah pekerjaan penting dalam pembuatan sebuah karya ilmiah, mulai dari Cover, Kata Pengantar dan daftar isi makalah. Tetapi hal ini justru terkadang tidak begitu diperhatikan, padahal ini sangat penting sekali. Bagaimana kita bisa mendapatkan isi buku? Jika tidak terbentuk dalam sebuah rangkuman daftar isi.

Daftar isi dibuat untuk mempermudah pencarian dalam isi buku, oleh karnanya harus di buat sesederhana mungkin. Dalam membuat daftar isi sebenarnya bisa juga dilakukan dengan cara manual, tetapi itu akan terasa lebih lama dan kadang-kadang titik-titik jadi tidak rata.

Maka dalam hal ini penulis akan menyajikan sebuah tutorial singkat dalam pembuatan halaman titik-titik daftar isi secara otomatis.

Tutorial yang akan penulis sajikan ini adalah cara yang paling efektif dan cepat, dan ini juga dapat digunakan ke semua Microsoft office. Dari Office 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 semua bisa digunakan dengan cara yang simple ini.

Dapatkah kita membuat halaman daftar isi dengan titik-titik secara manual? Bisa Donk. Tetapi hasil dalam pengisian halamanya tidak rata, maka yang efisien adalah pengaturan tabulasi halaman sebelum membuat daftar isi itu lebih utama.

Beberapa Langkah Membuat Halaman Titik-Titik Daftar ISI dengan Cepat dan Rapi di MS. WORD
Langkah 1 : Buka File yang terdapat DAFTAR ISI milik anda selanjutnya BLOK semua tulisan daftar isi anda seperti contoh gambar dibawah ini.
Langkah 2 : Selanjutnya klik 2x pada Ruler dan sesuaikan Tab Stop Positionnya; pada bagian box akan terdapat angka yang muncul sesuai dengan yang anda klik tadi.

Baca Juga : Membuat Halaman Berbeda (Romawi dan Angka) pada Ms. WORD
Langkah 3 : Pada Alignment anda pilih Righ dan pada bagian Leader anda dapat memilih titik-titik yang anda inginkan.
Langkah 4 : Selanjutnya klik Set > Klik OK

Nah sampai disini cara pengaturan tabulasinya sudah selesai. Langkah selajutnya

Langkah 5 : Letakkan kursor pada akhir kalimat yang akan di beri halaman seperti gambar dibawah ini.
Langkah 6 : Selanjutnya anda tekan tombol Tab pada keyboard dan lakukan hal yang sama pada setiap akhir kalimat yang akan diberi halaman.

Langkah 7 : Isi Nomor Halaman dan selesai.
Demikianlah sedikit tutorial singkat tentang cara membuat halaman titik-titik Daftar isi dengan cepat dan rapi. Semoga dengan artikel ini dapat membantu meringankan pekerjaan ada dalam urusan computer, khususnya Microsoft Word.

Penulis kangrudie.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel