Cara Cetak atau Print Agar Tersusun Otomatis dari Halaman Belakang di Microsoft Word

kangrudie.com dalam dunia computer kita sering menjumpai tentang cetak (printing) dokumen. Jika dalam mencetak sebuah dokumen adalah merupakan hal yang sering kita lakukan. Maka hal seperti ini sangat dibutuhkan sekali sebegai sarana penting pelengkap dibidang komputer. Untuk sebagai penunjang dalam mengerjakan tugas sekolah misalnya, tugas kuliah (kegiatan mahasiswa) cetak skripsi (hasil akhir perkuliahan), cetak laporan kerja, membuat buku dan lain-lain.
Hal ini akan sangat merepeotkan sekali apabila dalam setiap pengeprinan sebuah dokumen kita harus menyusun ulang dari halaman awal sampai akhir, hedeh pusing deh! Selain pusing juga memakan waktu yang lama. Bayangkan jika dokumen tersebut dalam satu file terdapat banyak lembar. Apakah tidak ribet? Lalu bagaimana mengatasi dokumen yang sudah kita print tersebut memiliki bisa tersusun rapi tanpa harus menyortir hasil prinannya.

Default yang ada pada setingan printer biasanya hanya dapat mencetak dari halaman terkecil sampai yang terbesar. Sebagai contoh misalnya halaman 1-100 jadi seperti inilah printer tersebut bekerja. Intinya dari pertama hingga akhir. Sebetulnya ini sudah canggih sekali tetapi tetap akhirnya kita menyusun halamannya kembali.

Ada beberapa jenis printer yang mempunyai setting default yang berbeda-beda. Jadi jika anda memiliki printer untuk pengaturan setingan pada printer pasti akan selalu berbeda-beda dengan jenis atau merk printer yang berbeda pula. Tetapi sebenarnya ada cara manual tetapi simple dan mudah, untuk dapat mencetak dokumen yang tersusun secara otomatis. Ada salah satu merk printer yang sudah diseting secara otomatis (default) yang dapat mencetak dari halaman paling belakang ke halaman depan.

Printer tersebut adalah merek HP! Printer HP ini memiliki pengaturan default yang sudah otomatis. Artinya mampu mencetak dokumen dari halaman belakang terlebih dulu. Hebat bukan? Sedangkan merk printer yang lain seperti Canon dan Epson memiliki default setting mencetak berdasarkan urutan dokumen, nah jika seperti ini merepotkan.

Karena dokumen yang keluar dari printer Canon atau Epson akan menyusun dengan halaman pertama berada dipaling bawah, Repot bukan?.
Ada baiknya apabila dokumen yang sudah kita print tersebut dapat tersusun dengan sendirinya (otomatis) dan dapat tersusun sesuai halaman seperti terdapat pada file.

Cara setting printer MANUAL cetak halaman dari belakang
Langkah 1: Pastikan dokumen siap di Print
Langkah 2: Ctrl P atau Print (lakukan langkah pengeprinan)
Langkah 3 : Pada bagian Page ketikan halaman paling belakang sampai halaman teratas Contoh : Hal 1-100 “ketikan saja 100-1” maka halaman akan tersusun.
Langkah 4 : Klik OK
Cara setting printer OTOMATIS cetak halaman dari belakang
Langkah 1: Pastikan dokumen siap di print
Langkah 2: Ctrl P atau Print (lakukan langkah pengeprinan)
Langkah 3 : Klik Print Properties Page 
Langkah 4 : Selanjutnya Klik Page Setup 
Langkah 5 : Ceklist Print Form Last Page Lalu Klik OK
Semoga artikel ini bermanfaat salam sukses.

Penulis : kangrudie.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel