9 Menu Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

Akhirnya kini umat muslim di seluruh dunia menyambut datangnya Bulan Ramadan dengan penuh khidmad. Termasuk umat muslim di Indonesia.
Di bulan suci ini menyambutnya dengan gembira, bagi umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh, puasa dalam arti menahan hawa nafsu, haus dan lapar dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Selama satu bulan tiada henti dan itu sudah terbiasa bagi umat muslim.


Dalam menjalankan puasa dan melewati ujian-ujian, haus dan lapar, sebaiknya ketika berbuka jagan tergesa-gesa dalam berbuka agar kesehatan kita selalu stabil dan terjaga. Karena apa? menjaga kesehatan pada saat berpuasa adalah merupakan suatu keharusan, sehingga bisa tutuk sampai satubulan full.

Dalam berpuasa biasanya tidak terkontrol, apalagi pas menjelang berbuka rasanya semuanya mau dimakan. Itu yang terkadang membuat tubuh kita jadi tidak baik akan kesehatanya. Penulis lihat dari pengalaman sendiri, saat menjeleng puasa ada istilah namanya ngabuburit, alias grilya mencari hidangan untuk berbuka (cemilan) nah seperti ini terkadang makanan yang tidak sehat akhirnya terciduk juga. Seperti gorengan, itu justu yang paling laris manis untuk pelengkap hidangan berbuka puasa, tradisi seperti ini yang susah di jaga dan tanpa memikirkan kesehatan tubuhnya.

Nah sebaiknya dalam bualn puasa boleh juga berolahraga dan cukup istirahat, tetapi jangan pula berlebihan, yang mengakibatkan batal puasa, berolahraga agra tubuh tetap sehat.

Karena apa? setelah seharian berpuasa, pastinya tubuh kita kehilangan banyak ION (cairan) dan energi. Sehingga badan terasa lemas dan kering.
Saat berbuka puasa alangkah baiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi seperti makanan dibawah ini sebagai menu buka puasa.

1. Buah Segar
Buah segar adalah pilihan yang baik untuk mwnu buka puasa, karena apa? karena kaya serat dan juga mampu mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Buah sehat diataranya dalah pisang, papaya, jeruk dan masih banyak lagi yang penulis tidak bisa sebutkan satu persatu. Bisa juga memilih buah yang terdapat kandungan air yang tinggi seperti semangka, anggur dan buah pir untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa.

2. Sayur-sayuran
Sayur-sayuran banyak sekali mengadung nutrisi, protein dan serat. Saat berpuasa tubuh terasa lemas, karena apa? Karena lambung beristirahat total sehingga tidak ada pencernaan selama berpuasa sehingga mengakibatkan ukuran lambung jadi mengecil. Itulah sebabnya dibutuhkan asupan gizi dan makan-makanan yang mudah dicerna agar lambung dipaksa makan-makanan yang terlalu keras.

Sayuran yang baik untuk berbuka yaitu sayuran hijau-hijauan karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi ini sangat bermanfaat bagi tubuh agar tubuh tetap sehat.

3. Bubur Sum-sum
Bubur sum-sum adalah salah satu makanan yang baik untuk berbuka. Teksturnya yang lembut manis dan gurih dengan aroma gula merahnya.

4. Kolak
Menu ini biasanya tidak ketinggalan, dari jaman dahulu menu ini menjadi sajian utama saat berbuka puasa. Kolak itu makanan yang terbuat dari buah pisang, atau umbi yang di campur air dan dikasih gula kemudian direbus bersamaan, sehingga menimbulkan citra rasa yang enak untuk menu berbuka.

5. Madu
Madu sangat baik bagi tubuh manusia, karena apa? Madu juga kaya akan manfaat bagi tubuh karena mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Madu mampu melancarkan metabolisme dalam tubuh dan juga mampu mengatasi gangguan pada pencernaan.

terdapat pula kandungan glukosa dan fruktosanya yang sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang selama berpuasa sehari penuh.

6. Kurma
Buah ini berasal dari daerah timur tengah yang sangat kaya akan manfaatnya bagi tubuh. Rasanya yang manis, makanan satu ini mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Pada zaman Rasulullah berpuasa tidak ketinggalan dengan buah yang satu ini. Kandungan gula alami yang ada pada kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa hampir sama dengan madu.

7. Ikan 
Ikan juga banyak memiliki kandungan yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh, karena mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral. Tuh jangan lupa, konsumsi juga ika ya! Agar kamu selalu sehat selama berpuasa.

8. Telur 
Kalian pasti tahu lah ya, telur itu pada dasarnya adalah makanan sumber protein. Selain mudah didapat juga mudah dalam menyajikannya, telur juga gampang dicerna tubuh.

9. Yoghurt
Yoghurt ini adalah makanan yang sifatnya mengenyangkan. Kenapa? Tetapi ini juga sangat baik sekali untuk menu puasa, yoghurt mampu mengmbalikan kondisi tubuh yang lemah selama berpuasa. Selain itu yoghurt juga mengandung banyak sumber energi, protein, mineral, serta vitamin yang baik baik untuk sistem pencernaan. Sehingga tubuh tetap sehat dan bisa berpuasa sebulan penuh.

Apakah anda masih bingung makanan sehat itu seperti apa? Nah beberapa jenis makanan sehat ini semoga bisa menjadi acuan bagi anda yang sedang bingung mencari untuk menu berbuka. Karena dengan asupan giji, vitamin, protein, mineral maka mampu mempercepat mengembalikan tubuh kita yang lemas selama berpuasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel